Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Kau Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran lazimnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Istiadat yang sudah lama dilakukan semenjak dulu ini menjadi prosesi seharusnya dalam setiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang linglung sesungguhnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah langsung aja Sputnik kasih tau apa saja sebetulnya isi seserahan pernikahan yang biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Peralatan Shalat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, karenanya sang pria lazimnya selalu menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai format dan simbol nasehatnya kelak terhadap sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Kelengkapan Mandi

Biasanya untuk peralatan mandi ini diawali dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan aroma.

Pakaian Dalam

Baju dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga baju tidur. Namun untuk urusan membelinya lazimnya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih indah.

Peralatan Makeup

Nah untuk kelengkapan yang satu ini biasanya sang wanita sungguh-sungguh concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Sebab selain itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham, biasanya para wanita mempunyai brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap produk kosmetik yang diterapkan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bercahaya dan penuh harapan. Akan namun untuk perhiasan menjadi seserahan yang dapat disepakati bersama sesuai dengan budget kalian . Apabila sang wanita mengharapkan, dan pihak pria bisa menyanggupi maka hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberi.

Perlengkapan Pesta

Peralatan pesta ini beraneka – tipe isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, ransel, dress, sampai jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai bentuk hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk sebagian kebiasaan budaya contohnya betawi sepatutnya menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian kultur yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak senantiasa manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebetulnya ngga ada ketentuan sepatutnya. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan namun ada sebagian kultur seperti Jawa yang lazimnya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini hakekatnya ngga ada item patut banget yang seharusnya sama. Balik lagi seluruh isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini biasanya berisi barang-barang kebutuhan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan digunakan oleh sang wanita. Jadi bisa dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan cuma untuk wanita loh, namun ada juga isi seserahan pernikahan pria yang biasanya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria umumnya lebih simpel dan tak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, baju kerja / formal, jan tangan, hingga sepatu. Tergantung sang wanita ingin memberikan apa saja karena sesungguhnya isi seserahan untuk pria tak semestinya.


Baca Artikel Terkait Tentang Daftar Barang Seserahan Lamaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *